Kamis, 01 Desember 2022

Apa Fungsi Breakwater di Dermaga?




Pernahkah Anda mendengar tentang Breakwater? Ini merupakan hal yang cukup umum diketahui oleh masyarakat luas. Benda ini lebih dikenal dengan nama pemecah gelombang lepas pantai. Breakwater adalah bangunan yang dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai dan berfungsi sebagai perlindungan pantai terhadap erosi.

Bangunan ini terlihat menarik, dan bahkan tidak jarang pengunjung pantai yang berselfie di depan bangunan tersebut. Selain menarik, ternyata bangunan pemecah pantai tersebut memang memiliki banyak fungsi.

Jenis-jenis Breakwater dan Fungsinya


Jika dilihat secara umum, bangunan yang dibangun pada garis pantai tersebut berfungsi untuk menahan serangan gelombang atau ombak. Ombak atau serangan gelombang besar bisa mengakibatkan erosi atau pengikisan pada daerah pantai.

Benda ini memiliki berbagai macam jenis. Fungsinya memang relative sama. Namun, formasi pemasangannya di wilayah yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenisnya.

1. Breakwater untuk formasi daerah gundukan
Jenis yang satu ini disusun dengan cara menyatukan puing-puing dari ukuran yang berat. Ukurannya cukup berbeda-beda. Terkadang, beton yang digunakan untuk menyusun gundukan tersebut.


2. Pemecah gelombang pada formasi daerah perairan rendah
Untuk Pemecah gelombang yang satu ini tidak jauh berbeda dengan pemecah gelombang pada daerah gundukan. Konstruksinya dibentuk dari undakan besar ke undakan kecil. Dengan demikian, kapal di perairan tidak perlu khawatir untuk menabraknya.


3. Pemecah gelombang atau breakwater pada bawah daerah perairan rendah
Ini merupakan bangunan yang dimanfaatkan untuk perairan rendah. Biasanya, gelombang air bagian bawah perairan rendah bisa menghantam dengan dengan kekuatan cukup rendah.


Oleh karena itu, model bangunan tersebut memang membutuhkan material yang lebih hemat. Fungsi dan modelnya juga hampir sama dengan pemecah gelombang nomor 1 dan nomor 2.

Seperti halnya breakwater yang menahan gelombang, dermaga juga membutuhkan rubber fender untuk menahan benturan dengan kapal.

Rubber fender terbaik tentu akan meningkatkan keamanan struktur dermaga. Cari spesifikasi fender terbaik yang Anda butuhkan melalui Whatsapp 08-111-888-728 atau melalui email admin@ptsinergy.co.id.